Rosyanti.S.Pd.,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGENAL PANTUN LEBIH DEKAT.BAG.3

MENGENAL PANTUN LEBIH DEKAT.BAG.3

#harike76#

#tantangangurusianamenulis90hari#

Mengenal Pantun Lebih Dekat.Bag.3

Jenis-jenis Pantun

Setelah memahami ciri-ciri pantun, kini saatnya teman-teman juga mengenal jenis-jenis pantun yang biasa diujarkan ataupun dituliskan seseorang. Berikut ini adalah jenis-jenis pantun berdasarkan tema isinya.

1. Pantun Nasihat

Pada dasarnya, pantun dibuat untuk memberi imbauan dan anjuran terhadap seseorang ataupun masyarakat. Karena itulah, tema isi pantun yang paling banyak dijumpai berjenis pantun nasihat. Pantun yang satu ini memiliki isi yang bertujuan menyampaikan pesan moral dan didikan.

Contoh:

Nabi Ibrahim ayah Nabi Ismail

Keduanya membangun kabah

Jika ingin namamu kekal

Terbarkanlah amal jariah

2. Pantun Jenaka

Sesuai namanya, jenis pantun yang satu ini memang memiliki kandungan isi yang lucu dan menarik. Tujuannya tak lain untuk memberi hiburan kepada orang yang mendengar ataupun membacanya. Tidak jarang pula, pantun jenaka digunakan untuk menyampaikan sindiran akan kondisi masyarakat yang dikemas dalam bentuk ringan dan jenaka.

Contoh:

Pak Ahmad duduk di surau

Menjaga padi sambil berdoa

Lihatka si nona manis itu

Giginya copot tinggal dua

3. Pantun Agama

Jenis pantun yang satu ini memiliki kandungan isi yang membahas mengenai manusia dengan pencipta-Nya. Tujuannya serupa dengan pantun nasihat, yaitu memberikan pesan moral dan didikan kepada pendengar dan pembaca. Akan tetapi, tema di pantun agama lebih spesifik karena memegang nilai-nilai dan prinsip agama tertentu.

Contoh:

Lepas Magrib baca Al-Waqiah

Ba'da subuh baca Ar-Rhman

Utamakan akhlak dan akidah

Jika ingin selamat dari godaan

4. Pantun Teka-teki

Jenis pantun yang satu ini selalu memiliki ciri khas khusus di bagian isinya, yakni diakhiri dengan pertanyaan pada larik terakhir. Tujuan dari pantun ini umumnya untuk hiburan dan mengakrabkan kebersamaan.

Contoh:

Ke Pasar naik bendi

Bendinya pakai kuda

Cobalah jawab pertanyaan ini

Binatang apa makan minum di kepala

5. Pantun Berkasih-kasihan

Sama dengan namanya, isi dari jenis pantun yang satu ini erat kaitannya dengan cinta dan kasih sayang. Umumnya, pantun berkasih-kasihan tenar di kalangan muda-mudi Melayu untuk menyampaikan perasaan mereka kepada kekasih maupun orang yang disukainya.

Contoh:

Buah duku buah pisang

Beli ke pasar pakai kebaya

Wahai adik yang kusayang

Jangan lama tak jumpa

6. Pantun Anak

Tidak hanya untuk orang dewasa, pantun bisa juga disampaikan untuk anak-anak. Tentu saja isinya lebih ringan dan menyangkut hal-hal yang dianggap menyenangkan oleh si kecil. Tujuan awal dari jenis pantun yang satu ini adalah untuk mengakrabkan anak dengan pantun, sekaligus memberikan didikan moral bagi mereka.

Contoh:

Mesjid sepi efek pandemik

Buka puasa bareng jadi gagal

Jangan nangis jika ngambek

Nanti puasa jadi batal

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pengen belajar,,, diajarin ya...

30 May
Balas

Mantul, terimksih ilmunya

29 May
Balas

cakep... terimasih bu infonya

29 May
Balas

Sama sama Bu

29 May

Sama sama Bu

29 May

Mantap betul pantunya bun...

30 May
Balas



search

New Post